Peraturan ? Hmmm....

Waktu itu pas malem malem, temen gua dateng ke kos.malam itu dia cerita tentang masalahnyan,masalah keluarga. Di ceritanya dia, ayahnya bilang gini "semuanya itu ada aturannya, gak ada di dunia ini yang gak ada aturan". Kurang lebih begitu kata-katanya. Nah semenjak itu entah kenapa gua selalu kepikiran sama kata-kata itu. Bener gak sih "semuanya ada aturannya ?". Setelah dipikir-pikir, berdasarkan dari pertanyaan tersebut, menurut gua 50% di dunia ini punya aturan, dan 40% aturan yang tidak "di anggap".

sumber : google

Nah 50% ini adalah aturan-aturan yang umum, yang biasa kita temui dimana-mana. sekolah, di jalan, di tempat umum, bahkan rumah. Jadi gak perlu di jelasin panjang lebar ya, kan semuanya udah pada tau :D

Dan yang 40% ini adalah aturan-aturan yang tidak terlihat, atau "dianggap" tidak terlihat. Aturan ini emang gak terlihat, tapi kita harus mengetaui dan mematuhinya. Contoh, aturan saat bertamu, aturan menghormati yang lebih tua,aturan berbicara. Contoh-contoh aturan yang disebutkan tadi biasa kita sebut dengan etika atau sopan santun. Bener ngga ? Bukannya itu sebuah aturan juga? Apa semua orang tau? mungkin mereka tau, tapi pura-pura gak tau. Mungkin. Buktinya, di jaman sekarang banyak orang-orang yang gak punya etika atau sopan santun. Makanya 40% ini gua bilang aturan yang 'dianggap' tidak ada.

Eh nanti dulu deh, semuanya kalo di jumlah jadi 90%, trus 10%nya kemana ?


Yang terakhir, sisanya yang 10% ini menurut gua adalah aturan agama. Semua agama pasti punya aturan. Tapi apa semua orang yang beragama mematuhi aturan tersebut? entahlah, itu urusan mereka dengan Tuhannya :). Aturan agama ini juga termasuk ke dalam aturan yang 'tidak terlihat' tapi sangat penting. walaupun begitu, aturan ini engga gua masukin dalam kategori 40% karena aturan ini lebih khusus. Banyak orang yang menyepelekannya. Memang sanksi dari melanggar aturan ini tidak seperti sanksi dari aturan umum, yang sanksinya tegas dan nyata. sanksi dari aturan ini memang tidak langsung, tapi jauh lebih menyeramkan. Azab dari tuhan.

Tak bisa dipungkiri, manusia kadang atau memang benci dengan aturan, gua juga iya, gak munafik. Tapi coba di pikir deh, untuk aturan umum bisa lah ada toleransinya, tapi untuk aturan agama atau aturan tuhan sepertinya engga ada. Bukankah kita wajib mematuhinnya? jadi mau gak mau, suka tidak suka, kita harus mematuhi peraturannya, karena kita hidup di dunia ciptaan-Nya.

Sampai kita di penghujung post ini :D Setelah melalui perjalanan panjang dalam sel otak gua *cielah :D jawaban dari pertanyaan di atas (kaya lagi jawab soal ye) adalah iya, iya semua di dunia ini ada aturannya.


Oke cukup sampai disini, inget, apa yang gua tulis disini adalah murni pendapat gua. Gua gak bermaksud menggurui atau sok tau, ini hanya pendapat gua. Jadi kalo ada salah-salah kalimat, mohon di maafkan :)

Comments

Popular posts from this blog

Untuk Kamu Pemendam Rasa..

Liburan Tak Pernah Sebosan ini...

Untuk Hati Yang Terluka....