Tentang Sebuah Penyesalan..

“penyesalan emang datengnya selalu belakangan”

Pasti pernah kan denger kalimat diatas ? udah terlalu sering malah. Mungkin sekarang bisa dibilang kalimat tersebut termasuk kalimat terbasi karena sering di ucapin ketika seseorang sadar bahwa dia salah, dan dia terlambat menyadari kesalahannya itu.

“kenapa penyesalan datengnya belakangan”

Pasti pernah juga kan denger kalimat tersebut? Biasanya kalimat itu ada sebelum atau setelah kalimat yang pertama tadi. Nah kalo dipikir-pikir, kalo datengnya di awal itu bukan penyesalan namanya, tapi peringatan(mungkin). Coba deh, pasti sebelum melakukan sesuatu kita diberi peringatan atau himbauan dulu kan ? nanti kalo kita begini bisa begini begini, kalo kita begitu bisa begitu begitu. Tapi kadang kita ngeyel tetep ngelakuin dan akhirnya ya itu tadi, nyesel.


Kalian pasti pernah kan ngalamin “penyesalan” itu dalam hidup kalian ?  mungkin semua orang pasti pernah mengalaminya. Tidak terkecuali gua.

Waktu itu mungkin gua masih belum cukup dewasa untuk mengerti apa itu penyesalan. Masih melakukan sesuatu untuk diri gua sendiri, tanpa memikirkan perasaan orang lain dan apa dampaknya perbuatan gua itu di masa depan nanti. Bisa dibilang egois.

Waktu itu gua Cuma terlihat mengerti keadaan orang lain yang sebenernya gua gak mengerti apa-apa. Mencari-cari alesan demi kebaikan orang lain yang sebenernya untuk kebaikan diri gua sendiri. Mencoba mengerti tapi bukan memahami. Jahat emang. Tapi itu kenyataannya.

Dan gara-gara itu gua kehilangan orang yang udah percaya sama gua. Buat percaya sama orang itu gak gampang. Dan ketika ada orang yang mempercayai gua, gua malah tega mengecewakannya. Setelah itu, dia pergi.

Bener kata orang, seseorang akan lebih berarti ketika dia sudah pergi meninggalkan kita. Endingnya, yang tersisa Cuma rasa penyesalan.

Trus kalo udah gitu gua harus apa ?

Waktu gak bisa diputar ulang. Yang bisa dilakuin saat itu Cuma nyalahin diri sendiri dan berharap. Berharap gua bisa kembali ke masa lalu buat memperbaiki keadaan. Tapi semuanya udah terlambat.

Dan akhirnya gua menanyakan ke diri gua sendiri, Kenapa Penyesalan selalu datang terlambat ?

Mungkin bukan terlambat, karna sebenernya pernyesalan memang datengnya di akhir. Yang terlambat adalah gua. Terlambat menyadari bahwa penyesalan akan selalu menghantui mereka yang telah salah memilih sebuah pilihan. Apalagi pilihan itu menyakiti perasaan orang lain.

Seiring berjalannya waktu. Belajar dari pengalaman itu, sekarang gua mencoba untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Mencoba memantaskan diri. Dan berusaha untuk tidak mengulang kesalahan yang sama. Belajar dan terus berusaha. 

Manusia emang gak ada yang sempurna, tapi setidaknya gua udah mencoba memberikan yang terbaik.

Dari pengalaman itu juga gua sadar satu hal, jangan pernah mengecewakan orang yang sudah mempercayai kita. Karna jika kita melakukannya, secara tidak langsung kita sudah mengecewakan diri kita sendiri. Karena Kepercayaan itu mahal :)

Comments

  1. keren, maknanya dalem banget :'v.. ditunggu loh postingan² yg laen ;)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Untuk Kamu Pemendam Rasa..

Liburan Tak Pernah Sebosan ini...

Untuk Hati Yang Terluka....