Tipe-Tipe Orang Sholat Jum'at

Selamat pagi. Selamat hari sabtu. Nikmati hari libur kalian, selagi masih bisa menikmati haha.

Sebenernya mau tulis postingan ini kemarin hari jum'at biar pas, tapi dikarenakan tidak ada koneksi internet ya hasilnya ditunda dulu.
Oke, kali ini gua pengen nulis tentang tipe-tipe orang sholat jum'at versi gua :D
Disini, gua mengkategorikannya diliat dari segi penampilan ya. Oke langsung aja yuk....


Sholat jum'at. Merupakan kewajiban setiap pria yang sudah akil baligh yang beragama muslim. Setau gua sih ya, katanya kalo engga sholat jum'at lebih dari 3x itu pintu hatinya tertutup. Gua pernah denger itu pas waktu smp, seinget gua sih kaya gitu. Terserah kalian sih mau percaya apa engga, keyakinan masing-masing aja.

Setelah gua amatin selama ini saat gua sholat jum'at, gua menyimpulkan beberapa tipe orang menjadi seperti berikut :

1. Tipe Sempurna

Maksudnya orang-orang yang bertipe ini selalu memakai pakain lengkap saat pergi ke sholat jum'at. Kaya pake peci, sarung, baju koko, memakai wewangian dan sorban. Pokoknya lengkap banget deh. Tipe orang-orang ini biasanya di kalangan para orang tua dan kalangan para ulama. Yang umurnya sudah 40 atau 50 keatas. Dan tipe ini selalu duduk di barisan paling depan.

2. Tipe Setengah Sempurna

Tipe setengah sempurna ini mirip seperti tipe sempurna. Cuma yang membedakan adalah bagian bawahnya. Tipe setengah sempurna ini biasanya memakai celana panjang. Bisa jeans bisa juga yang lainnya. Sedangkan atasannya tetap memakai baju koko/muslim. Tipe ini biasanya di kalangan anak-anak muda usia 15 keatas.

3. Tipe Sekolahan

Sudah jelas siapa orang-orang yang termasuk tipe ini. Yap, anak sekolahan. Di tipe ini biasanya mereka sholat jum'at memakai serangam sekolahnya. Karena biasanya setiap sekolah mempunya baju musilmnya untuk di hari jum'at.

4. Tipe Rapih

Tipe ini biasanya memakai baju-baju rapih seperti kemeja atau batik. Orang-orang tipe ini biasanya orang-orang pekerja atau orang-orang kantoran. Pernah liat kan ada bapak-bapak yang memakai baju kemeja yang sama dalam satu masjid ?

5. Tipe Santai

Orang-orang tipe santai ini mungkin tidak memperdulikan penampilan. Dia memakai baju apa saja yang penting sah dan tidak membatalkan sholat jum'at. Seperti kaos dan celana jeans, atau kaos dengan kain sarung.

Nah itulah beberapa tipe orang sholat jum'at versi gua. Seperti yang gua bilang diatas, disini gua melihatnya dari segi penampilan ya.
Kalo ada yang mau menambahkan silakan tuliskan pendapat kalian di kolom komentar ya :D

Sekian dari saya, terima kasih.
See you!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Untuk Kamu Pemendam Rasa..

Liburan Tak Pernah Sebosan ini...

Untuk Hati Yang Terluka....